Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Layanan Mobile Banking Syariah

Authors

  • Fairies Margahayu Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Author
  • Dewi Fadhilatul Munfatihah Ahmad Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Author
  • Binti Nur Asiyah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Author

Keywords:

Pemasaran digital syariah, Loyalitas pelanggan, Mobile banking syariah

Abstract

Perkembangan teknologi digital membawakan perubahan signifikan dalam bidang industri dan sektor perbankan, termasuk perbankan syariah yang dituntut untuk berinovasi agar tetap kompetitif dalam menghadapi era ekonomi digital. Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai hasil dari beberapa bank syariah nasional, hadir sebagai bentuk transformasi yang bertujuan memperkokoh layanan keuangan berbasis syariah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sistem digital pada perbankan syariah dalam meningkatkan loyalitas nasabah dengan strategi digital marketing, khususnya melalui layanan mobile banking. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi literatur, yaitu menelusuri sumber-sumber tertulis seperti jurnal, buku, dan laporan penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digital banking menggunakan aplikasi BSI Mobile dapat meningkatkan kemudahan, efisiensi, dan kepuasan nasabah, yang secara langsung berdampak positif pada loyalitas. Namun demikian, masih terdapat tantangan seperti persaingan dengan bank konvensional, kendala teknis, serta rendahnya literasi digital serta pemahaman masyarakat terhadap konsep bank syariah. Oleh karena itu, diperlukan strategi digital marketing yang lebih edukatif berbasis nilai-nilai syariah agar BSI dapat memperkuat citra dan kepercayaan publik di era transformasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-25

How to Cite

Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Layanan Mobile Banking Syariah. (2025). E-Commerce: Journal of Digitalization Process in Islamic Business, 1(1), 16-29. https://www.journal.lpkebis.or.id/index.php/ecommerce/article/view/22